Translate

Kamis, 29 September 2016

Kakulator PPh 21 tahun 2019 (PTKP 2016) versi Komprehensive

(2) Versi Komprehensive. Kalkulator PPh 21 versi Komprehensive berisikan simulasi PPh 21 yg harus dipotong dari karyawan setiap bulannya secara komprehensive. Maksudnya mengakomodir kebutuhan perhitungan PPh 21 aktual dilapangan:
  1. jumlah lembur yg berbeda tiap bulannya, 
  2. ada kenaikan gaji di tahun berjalan, 
  3. mulai ber-NPWP di tengah tahun berjalan, 
  4. multiple bonus dalam satu tahun, rapel,  THR
  5. resign ataupun PHK di pertengahan tahun, (mengakibatkan lebih potong PPh 21 yang harus dikembalikan ke karyawan, pada template lebih bayar ditunjukan dengan nilai PPh 21 yang negatif)
  6.  dll. 

Sebenarnya kalkulator PPh 21 satu tahun telah ada di E-SPt PPh 21 Dirjen Pajak. Namun kalkulator E-SPt Dirjen Pajak tidak merinci berapa yg harus dipotong tiap bulan ataupun dari setiap penghasilan non rutin. Padahal perhitungan bulanan/ non rutin inilah sebenarnya yg bisa jauh lebih sulit perhitungannya dibanding menghitung kembali pada akhir tahun karena sebab-sebab 6 poin diatas tadi. Kalkulator PPh 21 ini mencoba menjadi kalkulator PPh 21 bulanan/ setiap penerimaan penghasilan non rutin, secara akurat dan di-prorata, sehingga meminimalisir perubahan mendadak pada pemotongan PPh 21 bulanan yang biasanya terjadi pada bulan Desember atau bulan terakhir bekerja.

(untuk cara perhitungan PPh 21 atas THR & bonus, serta cara cepat estimasi nilai PPh 21 lihat di postingan Prinsip-Pinsip PPh 21)

kalkulator pph 21
Minus pada PPh 21 diatas adalah akibat berhenti bekerja di pertengahan tahun
Karena berat, kerjanya memang agak lambat, tapi asalkan bersabar, kalkulator akan berjalan dg baik. 

Setelah di close perubahan yang dibuat pada "excel online" tidak akan tersimpan. Yang akan muncul untuk pengguna berikutnya adalah tetap keadaan/ angka-angka seperti awalnya.

Klik di sini untuk Kalkulator/ Simulasi/ Template Excel PPh 21 PTKP 2016 versi Komprehensive

Klik di sini untuk Kalkulator/ Simulasi/ Template Excel PPh 21 PTKP 2015 versi Komprehensive




Tidak ada komentar: