Translate

Sabtu, 28 November 2015

Kalkulator Kredit

Kalkulator Kredit. Postingan ini mengenai template perhitungan/ kalkulator bunga, nilai cicilan, dll dari kredit bank, leasing, dll. Termasuk KPR, kartu kredit, dll. Tinggal input data, maka tingkat bunga, atau nilai cicilan, dll nya akan muncul. Pada template terdapat 4 sheet:
1.) sheet pertama adalah seperti gambar pertama di bawah, ini untuk mencari tingkat bunga jika dihitung secara bunga efektif
2.) dan 3.) sheet kedua dan ketiga adalah sama-sama simulasi nilai cicilan berdasarkan nilai pinjaman dan suku bunga tertentu, yang dipecah menjadi cicilan bunga dan cicilan pokok. Namun yang membedaan antar sheet kedua dan ketiga adalah apakah bunga dibayarkan di awal periode  cicilan atau diakhir periode cicilan.
4.) Sheet keempat adalah contoh. 
Kalkulator Kredit



kalkulator kredit


Klik di sini untuk mengoperasikan kalkulator secara 0n line

Ilustrasi perbedaan Bunga Flat dan Buga Efektif untuk Umum


Khusus untuk yang backgroundnya tidak behubungan dengan bunga kredit, berikut diilustrasikan perbedaan antara suku bunga efektif dan suku bunga flat.Untuk kredit konsumtif dan kredit investasi 5 tahun ke bawah, cicilan memang biasanya "flat"/ tetap. Tapi jangan tertipu bila suku bunga nya dibilang murah, cuma sekian persen, terutama untuk leasing, kartu kredit dan KTA. Tanya dulu suku bunga segitu maksudnya suku bunga efektif atau suku bunga flat.


Untuk perhitungan suku bunga secara efektif, bunga dihitung dari saldo hutang yang masih outstanding saja. Dan karena cicilannya sengaja dibuat "flat" tiap bulannya, maka akibatnya, untuk cicilan awal-awal, nilai cicilan pembayaran tersebut dialokasikan lebih banyak untuk pembayaran bunga dibanding untuk mencicil pokok hutang/ pinjaman.


Sedangkan pada suku bunga yang dihitung secara flat, bunga dihitung dari nilai hutang awal walaupun hutang sudah berjalan sekian lama dan nilai hutang awal tesebut sebagian sebenarnya sudah dilunasi. Akibat cara perhitungan bunga seperti ini, nilai suku bunga yang didapat jauh lebih rendah dari pada perhitungan dengan bunga efektif untuk tingkat bunga yang sebenarnya sama.


2 Suku bunga dari 2 kreditor yang berbeda hanya bisa dibandingkan apabila suku bunga yang dibandingkan dihitung secara sama, dihitung secara efektif dua-duanya atau secara flat dua-duanya. Misalnya si A ada ditawari 2 macam kredit kepemilikan mobil: pertama dari leasing dengan suku bunga 12% tarif bunga dihitung flat, kedua adalah kredit bank dengan bunga 18% tarif bunga dihitung secara efektif. Kedua alternatif ini tidak bisa langsung dibandingkan mana yang bunganya lebih murah, karena satu dihitung secara flat , satunya lagi secara efektif. Untuk membandingkannya, harus dibandingkan dengan cara menghitung ulang suku bunga menjadi bunga flat dua-duanya atau dengan cara efektif dua-duanya. Template berikut digunakan untuk tujuan tersebut. Pada template juga dibuatkan ilustrasi perbedaan perhitungan kedua cara tsb di excel.

Tidak ada komentar: